SEKILAS TENTANG CORONA VIRUS

Infeksi virus adalah kondisi ketika virus masuk ke dalam tubuh seseorang, kemudian menyerang sel tubuh dan berkembang biak. Kebanyakan kasus coronavirus tidak berbahaya. Namun, beberapa jenis coronavirus bisa menyebabkan kondisi serius seperti sindrom pernapasan akut (SARS) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS). Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Coronavirus adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) dan sindrom pernapasan akut (SARS). Virus Corona yang pada awalnya diduga berasal dari hewan. Virus ditularkan melalui hewan dan manusia, yang ditularkan oleh hewan seperti SARS, MERS.

Virus corona baru ddiidentifikasikan oleh otoritas China dan dinamai 2019-nCoV, adalah jenis baru yang sebelumnya tidak diidentifikasi pada manusia. Kini sudah dinyatakan bahwa virus ini dapat menular dari manusia ke manusia yang sudah terinfeksi.

Penyebaran corona virus antar manusia, coronavirus bisa menginfeksi hewan dan manusia.

Sebagian besar virus korona bisa menyebar antar manusia dengan cara yang sama seperti virus penyebab flu lainnya. Penyebarannya bisa melalui orang yang terinfeksi batuk dan bersin, menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi, dan menyentuh benda seperti gagang pintu yang disentuh orang terinfeksi.

Tanda Dan Gejala

Menurut WHO, tanda-tanda infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas, dan kesulitan bernapas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Sebagian besar waktu, gejalanya akan hilang dengan sendirinya dan para ahli menyarankan untuk mencari perawatan lebih awal. Jika gejalanya terasa lebih buruk daripada pilek biasa, kunjungi dokter Anda.

Cara Pencegahan

Iklim diindonesia saat ini pun sedang musim penghujan dan banjir, tak ayal akan banyak penyakit yang disebabkan oleh bakter atau virus akan mudah terjangkit di Indonesia seperti influenza, demam, batuk, leptospirosis

Untuk saat ini belum ada vaksin yang untuk mencegah virus corona ini, yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan pencegahan seperti:

• tidak mengunjungi daerah yang sedang terjangkit virus corona seperti china yang baru-baru ini dilaporkan sedang mewabah
  • jalani pola hidup sehat
  • menjaga kebersihan tubuh
  • rajin mencuci tangan dan gunakan sabun antiseptic
  • gunakan masker bila anda dalam kondisi tidak fit
  • Mematuhi praktek – praktek pengamanan makanan seperti menghindari daging yang tidak dimasak atau penyediaan makanan dengan kondisi sanitasi yang baik serta mencuci buah dan sayuran dengan benar
  • Menghindari kontak yang tidak perlu dengan hewan diternakkan, hewan peliharaan dan hewan liar.
  • perbanyak minum air putih
  • perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • konsumsi vitamin bila diperlukan