Penyebab Kulit Berminyak

Memiliki kulit yang berminyak tentunya membuat anda menjadi kurang percaya diri. Kulit berminyak membuat wajah terlihat mengkilap dan lebih mudah kusam. Selain itu, kotoran dan debu juga lebih mudah menempel pada kulit wajah yang berminyak, sehingga kulit lebih rentan terhadap komedo dan jerawat. Namun apa sebenarnya penyebab kulit berminyak? Mari kita cari tahu penyebab kulit berminyak agar membantu kita mengatasi permasalahan kulit berminyak.

Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis. Sementara kelenjar minyak terletak pada lapisan dermis kulit. Kelenjar minyak juga disebut dengan kelenjar sebaceous. Kulit berminyak terjadi karena kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak dari biasanya.

Kulit berminyak disebabkan karena berbagai faktor, di bawah ini akan dijelaskan fakto-faktor yang dapat menyebabkan kulit berminyak.

Penyebab kulit berminyak anatara lain :

1. Jenis Kulit

Penyebab kulit berminyak yang pertama adalah jenis kulit. Kulit manusia terdiri dari 5 jenis kulit, yakni kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif. Jenis kulit berminyak memiliki ciri pori-pori besar, kusam, mengkilat, mudah memiliki komedo atau jerawat. Jenis kulit berminyak dapat diperparah oleh faktor hormon, tekanan, kondisi yang tegang, antibiotik, dan paparan panas yang berlebih.

2. Pola Makan Yang Salah 

Pola makan yang salah juga bisa menjadi penyebab kulit berminyak. Kurang mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit juga dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih pada kulit wajah. Mengubah pola makan dengan makanan yang bergizi terutama seledri, bengkuang, mentimun, tomatdan jeruk nipis dapat anda jadikan solusi alternatif untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah anda.

3. Gangguan Hormonal

Penyebab kulit berminyak yang ketiga adalah gangguan hormonal. Gngguan hormonal yang terjadi pada saat menstruasi, hamil. menyusui atau menopause juga bisa menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak sehingga menyebabkan kulit berminyak.

4. Penggunaan Produk Kosmetik Yang Kurang Tepat

Penggunaan produk kosmetik yang kurang tepat juga menjadi penyebab kulit berminyak. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan merangsang kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak sehingga kulit menjadi lebih berminyak.

5. Faktor Keturunan

Faktor keturunan erat kaitannya dengan jenis kulit ynag dimiliki seseorang. Jika anda memiliki genetik dengan jenis kulit berminyak, maka anda lebih beresiko mengalami masalah kulit berminyak dari pada orang yang tidak memiliki genetika kulit berminyak.

6. Pengguinaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan juga merupakan penyebab kulit berminyak. Obat-obatan seperti obat KB dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak sehingga kulit menjadi lebih berminyak.

7. Stres

Penyebab kulit berminyak selanjutnya adalah stres. Kulit menjadi lebih mudah berminyak sat sedang stres, tertekan atau terlalu banyak pikiran. Hal ini terjadi karena ketika anda stres, tubuh memproduksi hormon stres yang mempengaruhi kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Menghindari stres adalah cara terbaik agar wajah anda tidak berminyak.

8. Paparan Panas Ynag Berlebihan

Penyebab kulit berminyak yang terakhir adalah karena paparan panas yang berlebihan. Paparan panas, baik dari matahari maupun sumber panas lainnya akan mendorong kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak sehingga wajah lebih mudah berminyak.

Setelah mengetahui penyebab kulit berminyak, salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan menghindari penyebabnya. Misalkan jika kulit berminyak anda terjadi karena pola makan yang salah, maka anda harus mengubah pola makan anda dengan yang lebih sehat. Namun, jika penyebab kulit berminyak anda adalah stres, maka anda dapat mengatasi kulit berminyak anda dengan menghilangkan stres yang anda derita dengan managemen stres yang baik.

Selain itu, kalian juga harus tetap melakukan perawatan di Klinik kecantikan. Salah satu klinik kecantikan yang memiliki alat-alat yang advance dan tratment yang banyak di Jakarta adalah Emily Aesthetics and Anti-Aging Jakarta Timur. Klinik kami memiliki solusi untuk beberapa macam keluhan kamu dari mulai wajah hingga tubuh. Segera lakukan konsultasi dengan dokter di klinik kami, agar kamu bisa tahu solusi tentang keluhan kulit kamu.