Pentingnya Menjaga Berat Tubuh Ideal

Beberapa alasan berat badan ideal perlu tetap dijaga :

  1. Agar tidak menimbulkan berbagai penyakit metabolic
  2. Tidak mencetuskan kejadian penyakit yang sudah ada
  3. Menghindari kematian premature (premature death)

Selain membuat penampilan jadi lebih menarik, menjaga berat badan juga bisa membuat Anda makin sehat,  yang menyehatkan itu tidak gemuk, tapi juga tidak kurus, melainkan ideal.

Berikut beberapa cara menjaga berat badan agar tetap ideal :

  • Makan terjadwal

Selain memilih menu yang tidak tinggi kalori, waktu makan pun perlu terjadwal. Lambung yang hanya bekerja pada jam-jam tertentu sebaiknya diperhatikan. Rasa lapar yang tak terjadwal akibat waktu makan kapan saja dan sembarang waktu, sering mengacaukan selera makan alami. Tuhan sudah memberikan perangkat yang mengatur secara alami kapan saatnya tubuh perlu diisi makanan, dan kapan tidak memerlukannya lagi. Namun kebanyakan orang modern memiliki nafsu makan yang kacau akibat memiliki jam makan yang tidak teratur. Ada segelintir orang yang makan kendati tidak merasa lapar. Akibatnya, pola makan terganggu. Porsi makan yang cenderung melebihi kebutuhan juga tidak baik, meski dengan alasan pilihan menu yang serba nikmat. Semakin lezat suatu menu atau jenis makanan tertentu, semakin tidak menyehatkan lantaran umumnya tergolong jenis makanan yang tinggi kalori. Contohnya yang serba digoreng tentu lebih lezat dibanding yang dikukus. Padahal yang digoreng jauh lebih tinggi kandungan kalorinya dibanding yang dikukus.

  • Perbanyak serat

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga bisa dilakukan dengan cara memperhitungkan jenis dan jumlah asupan yang kita konsumsi. Kebanyakan orang lebih mengejar nikmatnya kelezatan di lidah. Kalau itu terus dituruti, maka yang memikul akibat buruknya kemudian tentu tubuh kita sendiri. Kelebihan kalori dari pilihan makanan yang tinggi kalori akan meninggikan lemak dalam darah. Lemak tinggi dalam darah sumber penyakit metabolik.

Selain tertib jadwal makan dan pilihan menu yang menyehatkan, nafsu makan pun perlu dijaga. Tubuh sendiri akan memberikan sinyal kapan saatnya makan, dan kapan saatnya tidak perlu diisi makanan lagi. Pemandunya adalah rasa lapar dan rasa kenyang. Secara alami kita dapat mengendalikan selera makan ke arah yang menyehatkan bila mau mendengar sinyal tubuh kita sendiri. Hanya makan bila sedang merasa lapar, dan tidak makan apa-apa lagi kalau sudah tidak lapar. Rasa lapar bisa ditolong dengan lebih banyak mengonsumsi menu berserat tinggi dengan kalori rendah. Buah dan sayur di antaranya. Selain kaya akan serat, buah dan sayur kaya pula akan vitamin dan mineral. Rasa lapar akan hilang karena mengkonsumsi menu berserat.