Menghilangkan Rambut Yang Tidak Diinginkan di Tubuh Dengan Laser Hair Removal E3A Clinic

Penghilangan bulu dengan laser adalah prosedur medis yang menggunakan berkas cahaya terkonsentrasi (laser) untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan.

Selama penghilangan bulu dengan laser, laser memancarkan cahaya yang diserap oleh pigmen (melanin) di rambut. Energi cahaya diubah menjadi panas, yang merusak kantung berbentuk tabung di dalam kulit (folikel rambut) yang menghasilkan rambut. Kerusakan ini menghambat atau menunda pertumbuhan rambut di masa depan.

Meskipun penghilangan bulu dengan laser secara efektif menunda pertumbuhan rambut untuk waktu yang lama, biasanya hal ini tidak menghasilkan penghilangan rambut permanen. Beberapa perawatan penghilangan bulu dengan laser diperlukan untuk penghilangan bulu awal, dan perawatan pemeliharaan mungkin juga diperlukan. Penghilangan bulu dengan laser paling efektif untuk orang yang memiliki kulit cerah dan rambut gelap, tetapi dapat berhasil digunakan pada semua jenis kulit.

Penghilangan rambut dengan laser digunakan untuk mengurangi rambut yang tidak diinginkan. Lokasi perawatan yang umum termasuk kaki, ketiak, bibir atas, dagu, dan garis bikini. Namun, rambut yang tidak diinginkan dapat dirawat di hampir semua area, kecuali kelopak mata atau area sekitarnya. Kulit dengan tato juga tidak boleh dirawat.

Warna rambut dan jenis kulit mempengaruhi keberhasilan laser hair removal. Prinsip dasarnya adalah pigmen rambut, bukan pigmen kulit, yang harus menyerap cahaya. Laser seharusnya hanya merusak folikel rambut sambil menghindari kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, kontras antara warna rambut dan kulit - rambut gelap dan kulit cerah - memberikan hasil terbaik.

Risiko kerusakan kulit lebih besar bila hanya ada sedikit kontras antara rambut dan warna kulit, namun kemajuan teknologi laser telah menjadikan penghilangan bulu laser sebagai pilihan bagi orang yang memiliki kulit lebih gelap. Penghilangan rambut dengan laser kurang efektif untuk warna rambut yang tidak menyerap cahaya dengan baik: abu-abu, merah, pirang, dan putih. Namun, pilihan perawatan laser untuk rambut berwarna terang terus dikembangkan.