Jenis Jenis Scars / Bopeng

Jenis Jenis Scars / Bopeng

Scars atau “Bopeng” merupakan tanda bekas luka atau jaringan parut yang masih tertinggal pada kulit.Adapun penyebab dari scars atau “bopeng” adalah bekas jerawat yang parah, luka tergores, bekas cacar air, luka bakar, pasca operasi dan masih banyak lagi.
 
Jenis-jenis scars antara lain :
  1. Ice-pick scars berbentuk lubang parut kecil berujung sedikit kasar, berdiameter 1-2 mm, biasanya terjadi di daerah pipi, dalam tepinya curam, kedalamannya dapat mencapai kulit yang lebih dalam. Jenis parut ini paling sulit diobati dan bervariasi kedalamannya maupun kekasarannya bila disentuh.
  2. Boxar scars merupakan parut yang dalam atau dangkal dengan tepi yang tegas dan berdiameter lebih dari 3 mm contohnya parut bekas cacar air, parut berbentuk ini banyak dijumpai pada area pelipis dan pipi.
  3. Rolling scars merupakan perut bergelombang yang dangkal namun lebar dengan lebar 4-5 mm atau lebih, dasar parut ini keras bila disentuh. Subsisi sangat efektif untuk jenis scars ini karena terdapat jaringan ikat dan bekuan darah yang menahan permukaan kulit sehingga kulit menjadi tidak rata.
  4. Arthropic scars terbentuk akibat dari jaringan parut berupa cekungan yang berwarna kemerahan, biasanya cukup kecil bila di wajah tetapi diameternya bisa lebih besar dari 1 cm bila terdapat di area punggung atau dada. Jenis scars ini lembut bila disentuh dengan dasar sedikit berkerut. Berwarna kemerahan disebabkan karena pembuluh darah yang berada persis di bawah parut.
  5. Hypertropic scars merupakan jaringan parut yang menebal tetapi tidak melebar melebihi luka asli dasarnya dan menghilang dengan sendirinya.
  6. Keloid scars merupakan pertumbuhan jaringan melebihi luka aslinya, adapun bentuknya yakni menggelembung dan mengkilap setelah seseorang sembuh dan memiliki warna lebih coklat dari warna kulit aslinya.