Ingin Langsing dengan Diet Air Putih? Yuk, Ketahui di Sini

Banyak diet yang menjanjikan penurunan berat badan. Salah satunya adalah diet air putih. Benarkah diet ini bisa membuat badan langsing dan bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya di sini.

 

Rajin minum air putih banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya membantu menurunkan berat badan. Dari teori inilah kemudian banyak yang “terinspirasi” untuk menerapkan diet air putih saja tanpa dibarengi dengan makan dan minum apa pun selama beberapa hari Rutin minum air putih melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup minum air juga membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien mengolah makanan sehingga mencegah sembelit, sekaligus mengendalikan nafsu makan.

 

Mencukupi kebutuhan cairan juga membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Setidaknya inum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa membakar hingga 100 kalori per hari. Kalori yang berkurang jika Anda minum air dingin bahkan bisa lebih banyak lagi. Memperbanyak minum air putih juga membantu memangkas kelebihan berat air, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan ekstra.

Manfaat diet minum air putih dalam jangka pendek dapat langsung dirasakan oleh orang-orang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan kelebihan berat badan. Namun jika murni bertujuan untuk penurunan berat badan saja, diet air putih baru akan memperlihatkan hasil nyatanya setelah dilakukan berkelanjutan dalam jangka panjang.

 

Diet hanya dengan minum air putih sebetulnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari. Lebih dari itu, akan ada banyak potensi masalah kesehatan yang bermunculan. Setelah 3 hari hanya minum minuman minim gizi tanpa asupan makanan, otak akan kekurangan nutrisi sehingga bekerja semakin lambat. Akibatnya, Anda sulit konsentrasi, sering bengong, mudah tersulut emosi, hingga rentan berhalusinasi. Hal ini dapat memicu migrain kambuh. Tubuh akan kehilangan paling banyak protein dalam 72 jam pertama Anda diet air putih, dan membuat otot-otot tubuh perlahan mengecil.

 

Lantas, bagaimana cara diet air putih yang benar?

Idealnya, Anda lebih baik memilih waktu yang tepat untuk mulai berdiet, yaitu ketika tubuh tidak memerlukan terlalu banyak energi. Jika sudah menetapkan waktu yang pas, Anda wajib mempersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi sejak jauh-jauh hari sebelum mulai diet. Boleh mulai kurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari menjelang diet air putih, namun tetap pastikan lauk makannya bervariasi dan mengandung nutrisi serta energi tinggi. Mulailah perlahan dengan minum minuman kaya nutrisi seperti jus atau smoothie mengenyangkan di hari-hari awal diet.

Selama sedang menjalani diet air putih, hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Hindari juga minum lebih banyak air dari biasanya saat diet. Terlalu banyak minum air putih bisa berbalik membahayakan kesehatan Anda. Segera hentikan diet ketika Anda jatuh sakit atau merasa sangat lemas di tengah-tengah waktunya. Ketika Anda selesai diet minum air putih, hindari makan terlalu banyak sekaligus. Mulai makan lagi secara bertahap untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

 

Cara Aman Melakukan Diet Air Putih

Sebelum melakukan diet air putih, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena diet ini tidak boleh sembarangan dilakukan. Bila dokter sudah memberikan izin, barulah kamu boleh menjalani diet air putih.

Meski begitu, agar tidak membahayakan kesehatanmu, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan selama menjalani diet air putih, yaitu:

  • Bila kamu belum pernah menjalani diet air putih, cobalah berlatih terlebih dahulu. Mula-mula, kurangi porsi makan secara bertahap selama 3-4 hari sebelum memulai diet air putih.
  • Lakukan diet air putih hanya selama 1-3
  • Saat menjalani diet air putih, kamu disarankan untuk minum air putih lebih banyak, yaitu 2-3 liter per hari, karena kamu tidak mendapatkan asupan air dari makanan.
  • Hindari mengoperasikan alat berat atau mengemudikan mobil, karena diet air putih dapat membuatmu lemas atau pusing.
  • Jangan dulu berolahraga selama menjalani diet air putih.
  • Setelah diet air putih selesai, jangan langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah besa Mulailah makan dengan porsi kecil terlebih dahulu, lalu tingkatkan porsinya secara bertahap selama 1-3 hari.
  • Manfaat Diet Air Putih

    Diet air putih dipercaya mampu menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan di awal diet hanya akibat berkurangnya air dan cadangan karbohidrat di otot (glikogen), bukan lemak. Pemecahan lemak biasanya baru dimulai pada hari kedua.

    Selain menurunkan berat badan, diet jenis ini juga diyakini dapat:

    • Menurunkan tekanan darah.
    • Memicu proses peremajaan tubuh.
    • Mengurangi risiko munculnya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker.
    • Mengurangi stres.

Tidak semua orang boleh diet air putih

Diet minum air putih tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tidak dibolehkan untuk melakukan diet ini.

Selain itu, orang dengan kondisi berikut ini juga tidak dibolehkan melakukam diet minum air putih, karena dapat berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lebih lanjut:

  • gangguan makan
  • kekurangan berat badan
  • sedang hamil atau menyusui
  • masalah jantung
  • diabetes tipe 1
  • migrain yang tidak terkendali
  • sedang menjalani transfusi darah
  • minum obat tertentu

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu tapi berencana diet minum air putih lebih dari 24 jam, konsultasi dulu dengan dokter Anda.

Diet yang baik adalah dengan makan sehat dan olahraga

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, cara diet air putih tidak ideal untuk menurunkan berat badan. Pola diet terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggabungkan kebiasaan makan sehat (seperti mengurangi garam dan gula serta lemak) dan olahraga rutin yang dilakukan bertahap.