VARISES YANG MENGGANGGU

Penyakit datang tidak mengenal usia muda maupun tua, apapun itu jenis penyakitnya kapan saja dia bisa datang menyerang dan berkembangbiak didalam tubuh kita. Namun hal ini terjadi karena ulah kita sendiri yang tidak mampu merawat tubuh dan memelihara kesehatan tubuh sehingga menimbulkan penyakit. Salah satunya adalah varises, Varises adalah kondisi di mana pembuluh balik (vena) melebar dan berkelok-kelok. Selain menyebabkan masalah kecantikan, varises dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ataupun nyeri. varises adalah masalah yang seringkali terjadi pada pria maupun wanita.

Tanpa penanganan yang tepat, varises dapat menimbulkan hal lain yang lebih serius, misalnya perdarahan dan terbentuknya bekuan darah pada pembuluh balik yang mengalami kelainan, serta luka di kulit. Bahkan, terdapat laporan adanya kanker yang muncul pada luka yang kronik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan varises, guna mencegah berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.

Beberapa langkah menghilangkan varises yang bisa dilakukan secara mandiri, yaitu:

Berikut ini berbagai cara yang ditawarkan dokter untuk menghilangkan varises Anda.

  1. Skleroterapi

Skleroterapi adalah cara menghilangkan varises dengan menyuntikkan bahan kimia bernama sklerosant ke dalam pembuluh darah kaki. Sklerosant berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah dan memudarkan varises. Keunggulan pengobatan ini adalah minim rasa sakit. Tak hanya itu, skleroterapi juga bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin mengobati pembuluh darah laba-laba (spider veins). Namun sayangnya, Anda perlu melakukan skleroterapi berulang kali supaya hasilnya lebih maksimal. Hati-hati juga dengan beberapa efek samping skleroterapi yang mungkin terjadi, yaitu pembekuan darah, memar, hingga bengkak ringan di kaki.

  1. Laser

Cara menghilangkan varises yang satu ini dilakukan dengan mengarahkan sinar laser ke pembuluh darah yang terkena varises. Hal ini bertujuan untuk menutup varises yang lebih kecil dan pembuluh darah laba-laba di bagian kaki.

Kabar baiknya, prosedur laser tidak membutuhkan sayatan maupun jarum sama sekali. Jadi, cara ini sangat cocok bagi Anda yang takut dengan jarum suntik. Klinik E3A memiliki laser yang dapat membantu masalah varises yang anda alami. Tanpa sayatan dan nyeri, anda dapat beraktivitas setelah melakukan laser.

  1. Kateter dengan energi laser

Bagi Anda yang punya varises berukuran besar, dokter biasanya akan menganjurkan untuk melakukan kateter. Cara ini tak jauh berbeda dengan metode laser sebelumnya, karena sama-sama memanfaatkan energi panas. Bedanya, prosedur ini melibatkan sayatan kecil di bagian kaki untuk memasukkan tabung tipis ke dalam pembuluh vena yang membesar.

  1. Ligasi tinggi dan pengelupasan vena

Ligasi artinya mengikat. Untuk menghilangkan varises, pembuluh vena yang terkena varises akan diikat sebelum kondisi ini mulai menjalar ke pembuluh vena lainnya yang lebih dalam.

  1. Flebektomi

Bila Anda punya varises kecil yang letaknya di permukaan kulit, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk melakukan flebektomi. Flebektomi adalah cara menghilangkan varises melalui sayatan kecil dan minim rasa sakit.

  1. Bedah endoskopi vena

Bila Anda sudah melakukan berbagai cara menghilangkan varises tapi tak juga berhasil, bedah endoskopi vena bisa menjadi pilihan terakhir. Prosedur medis ini biasanya dilakukan pada kasus varises yang parah hingga menyebabkan luka (ulkus) pada tungkai kaki.