TINGKATKAN SISTEM IMUN TUBUH

Setengah diantara kita mungkin berfikir bahawa menyediakan diri dengan perlindungan luar (Masker, pembersih tangan sanitizer, mengaplikasikan kebersihan tangan, penjarakkan sosial) akan membantu. Ya, itu akan membantu memecahkan rantaian pemindahan covid-19 dari satu individu ke individu lain.

Tetapi adakah kamu tahu bahwa perlindungan dari dalam adalah yang paling penting pada masa ini?

Sistem imun merupakan mekanisme pertahanan tubuh sebagai perlindungan dari bahaya berbagai bahan dalam lingkungan yang dianggap asing bagi tubuh seperti bakteri, virus, jamur, parasit dan protozoa.

Fungsi Sistem Imun
• penangkal “benda” asing yang masuk ke dalam tubuh;
• untuk keseimbangan fungsi tubuh terutama menjaga keseimbangan komponen tubuh yang
telah tua;
• sebagai pendeteksi adanya sel-sel abnormal, termutasi, atau ganas.

Ketika daya tahan tubuh lemah maka agen infektif akan dengan mudah menembus pertahanan tubuhdan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, upaya meningkatkan sistem imun menjadi penting untuk dilakukan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun tubuh bekerja dengan membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Ketika terdeteksi benda asing (antigen) masuk ke dalam tubuh, maka sistem imun akan melakukan proses pertahanan diri. 

Setelah mengetahui apa itu sistem imun, tentunya perlu tahu juga bagaimana cara sistem imun bekerja! Nah, sistem imun bekerja dengan beberapa strategi pertahanan.

Strategi pertahanan tubuh manusia pada dasarnya ada dua jenis yaitu, melalui imun alami dan respon imun adatif. Pertahanan tubuh yang paling pertama adalah pertahanan imun alami, namun ketika pertahanan tubuh tersebut tidak berhasil, makan respon imun adaptif akan diaktivasi.

Respon imun alami merupakan pertahanan tubuh lini pertama yang bekerja segera setelah infeksi. Respon imun dari imunitas bawaan ini sudah ada sejak lahir dan tidak spesifik terhadap jenis antigen tertentu. Pertahanan eksternal tubuh seperti kulit dan membran mukosa merupakan pertahanan pertama yang berfungsi agar antigen dari luar tidak masuk ke dalam tubuh dan peredaran darah.

Sementara respon imun adaptif adalah pertahanan kedua sistem kekebalan tubuh yang diaktivasi ketika respon imun alami gagal untuk melawan antigen. Imunitas adaptif dapat berkembang selama perjalanan kehidupan kita sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Sistem imun manusia sangat penting dan memiliki banyak tugas serta mekanisme kerja yang unik untuk mempertahankan kesehatan kita. Oleh karen itu, kita harus tetap menjaga sistem imun kita dengan baik agar kerjanya tidak terhambat. Banyak cara untuk menjaga sistem imun kita diataranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya protein serta mengurangi stress dengan istirahat yang cukup.

Dalam kondisi merebaknya virus Covid-19. Kita wajib jaga kesehatan, tingkatkan imun tubuh, PENUHI NUTRISI HARIAN TUBUH, rajin cuci tangan menjalankan #dirumahaja seminimal mungkin keluar rumah. Patuhi etika batuk/bersin , dan patuhi #sosialdistancing

#e3aclinik#emilyaesthetics#klinikkecantikanjakarta#klinikkecantikanjakartatimur#klinikkecantikan#klinikantiagingjakarta#klinikperawatanwajah#konsumsivitamin#imunitastubuh#dayatahantubuh#cegahcovid19#infusvitaminc#injeksivitamin#covid19indonesia#covid_19#vitamininfusion#wabahcorona#viruscoronavirus#coronavirus#tingkatkanimuntubuh#sistemtubuh