SARIAWAN (STOMATITIS)

Stomatitis atau sariawan adalah luka yang muncul pada jaringan lunak dimulut. Luka tersebut biasanya hanya satu, namun terkadang beberapa bahkan ada yang berada diseluruh permukaan mukosa mulut.

Apa Penyebab Stomatitis?

Stomatitis merupakan penyakit yang diakibatkan dengan adanya jamur pada mulut dan saluran kerongkongan. Selain itu sebab lainnya adalah :

• reaksi terhadap alergi
  • merokok
  • penyakit gigi
  • kekurangan vitamin
  • penyakit yang sistemik
  • obat-obatan
  • infeksi bakteri lainnya

Apa saja Tanda dan Gejlanya?

dapat menyebabkan rasa sakit, demam, kelelahan, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan. Biasanya penderita memiliki satu atau lebih luka kecil pada bagian bibir, gusi, lidah, bagian atas mulut atau bagian didalam pipi. luka terlihat berwarna merah dan dapat terasa sakit, terbakar atau gatal. Sakit ketika makan dan menelan, nafas yang tidak sedap (halitosis).

Apa Yang Meningkatkan Resiko Stomatitis?

ada banyak faktor resiko untuk stomatitis, yaitu:

• terdapat luka kecil dibagian mulut, yang biasanya diakibatkan karena menggosok gigi terlalu keras atau secara tidak sengaja menggigit bagian dalam pipi.
  • pasta gigi atau obat kumur yang mengandung natrium sulfat (SLS)
  • kekurangan gizi terutama vitamin B12, seng, zat besi atau asam folat.
  • perubahan hormon haid pada saat menstruasi
  • stress
Mengobati Stomatitis dengan Laser
Pengobatan stomatitis saat ini semakin berkembang tidak hanya obat berupa oles atau diminum. Diklinik E3A kami dapat membantu mengatasi masalah sariawan yang anda alami dengan menggunakan metode Laser Stomatitis. Untuk info lebih lengkap anda bisa berkonsultasi lebih dahulu atau hubungi kami di 08179988322 atau (021) 8628108