PROSES PEMBARUAN KULIT MENYEBABKAN TANDA-TANDA PENUAAN MUNCUL LEBIH DINI

Kita tahu bahwa kulit kita mengalami penuaan sehari-hari, tapi kita baru menyadarinya saat kita baru melihat tandanya muncul. Penuaan adalah proses alami dimana proses pembaruan sel kulit dan produksi kolagen kita melambat, melemahnya struktur pendukung internal dan lapisan pelindung alami kulit. Kemerosotan proses pembaruan kulit kita, dikombinasikan dengan faktor lingkungan dan gaya hidup, seperti polusi, dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih dini.

Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia melemah. Hal itu membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam,keriput, garis-garis halus, kulit menjadi kering, dan mengendur.

Penuaan merupakan bagian dari proses alami tubuh, namun tidak halnya dengan penuaan dini.  Ternyata kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang yang telah berumur, orang yang masih muda pun dapat mengalaminya.

Kamu dikatakan mengalami penuaan dini ketika kamu terlihat lebih tua daripada usia yang sebenarnya.

Tapi, tanda-tanda penuaan tidak muncul begitu saja. Bahkan sebelum mereka terlihat di luar, mereka telah ada di dalam kulit semenjak umur 20an.

Bagaimana kulit kita menunjukkan tanda-tanda penuaan?

Di umur 20an tanda penuaan pertama muncul di sekitar mata kita dalam bentuk kerutan di samping dan penurunan lipatan mata atas yang membuat mata terlihat lebih kecil. Garis halus juga mulai terbentuk di sekitar hidup dan bibir atas mulai merosot.

Tanda penuaan lainnya berhubungan dengan kurangnya perlindungan terhadap matahari. Melewatkan penggunaan sunscreen di umur 20an mempercepat kerusakan akibat matahari dari dalam, menyebabkan pembentukan bintik gelap di luar. Tanda pertama penuaan dapat muncul sedini umur 20an seperti garis halus sekitar mulut dan hidung, bintik gelap, lingkaran gelap di bawah mata, dan kelopak mata yang menurun.kitthanes

Bukan tak mungkin, di usia senja kulit tetap terjaga diimbangi dengan pola makan dan hidup sehat. Modal kita untuk tampil awet muda harus dipahami sejak dari faktornya itu sendiri.

Faktor Pemicu

Tanda-tanda penuaan secara alami ternyata sudah mulai muncul di pertengahan usia 20 tahun.

1.Berkurangnya produksi kolagen

Hal ini bisa semakin ditunjang dengan berkurangnya elastisitas kulit dengan berkurangnya kandungan kolagen dan Hyaluronic Acid sesuai siklus hormonal alami manusia.

Tidak hanya faktor internal ini yang membuat kulit tampak menua, faktor eksternal ternyata mempercepat proses penuaan dini hingga 80%

2. Sinar UV A dan UV B

Paparan sinar matahari dan polusi udara bisa menjadikan tampilan kulit semakin menua. Sinar UV A dan UV B ternyata berperan dalam penuaan dini, sehingga disarankan untuk mengenakan tabir surya sejak usia belia.

Paparan sinar UV A rupanya membuat kulit cepat keriput bahkan kanker kulit, sedangkan sinar UV B menyebabkan kulit terbakar dan merusak lapisan terluar kulit

3. Gaya hidup dan Manajemen Stress

Tak hanya itu, kita juga harus mengelola pola tidur, kecukupan asupan dan nutrisi, serta manajemen stress yang baik agar terhindar dari penuaan dini.

Faktor pemicu eksternal ini rupanya membuat barir skin atau skin barrier semakin menipis dan berkurang.Jika sudah seperti ini, kulit akan rentan dengan segala jenis  penuaan dini. Sebab, barier kulit lah yang menjaga kelembapan alami kulit sehingga terhindar dari kekeringan, polusi, iritasi, sinar UV A, dan UV B.

Ada beberapa gejala penuaan dini yang bisa muncul sejak usia 20 tahun ke atas jika faktor pemicunya sudah berkerja di kulit. Mulai dari warna kulit tidak merata, kerutan, bintik hitam, kulit kendur, kusam, kering dan adanya lingkar hitam pada mata ternyata sudah termasuk tanda awal kulit menuan.

Mungkin usia Anda belum mencapai umur di mana penuaan pada kulit sudah terjadi. Tapi ada baiknya untuk mencegah itu semua. Jangan tunggu keriput dan garis halus muncul di wajah Anda, khususnya di daerah seputar mata. Sebaiknya gunakan produk-produk anti-aging atau perawatan di klinik mulai dari sekarang untuk kulit wajah yang terlihat remaja. Penuaan dini dapat kamu hindari. Caranya, adalah dengan mengubah kebiasaan buruk seperti begadang, merokok dan lainnya, agar memiliki kulit sehat dan awet muda. Jangan lupa, memperbanyak konsumsi air putih dan rutin berolahraga juga memberikan dampak positif bagi kulit kamu.

apakah sudah ada tanda-tanda penuaan di wajahmu ?

 Ayo cek kesehatan wajah mu di @e3aclinic.

Dan dapatkan Info langsung dengan Contact us : ☎ ( 021 ) 862 8101 📞 0817 9988 322 ( Whatsap)

Jln Camar Blok CC no 15 Cipinang Indah 2 Jakarta Timur.