PENYEBAB JERAWAT YANG TAK KUNJUNG HILANG

Di dalam wanita sekalipun kita juga masih bisa menemukan hormon pria. Nah salah satu gejala dari wanita yang mengalami PCOS adalah munculnya jerawat berlebihan dan tidak hilang-hilang. Hal ini karena hormon laki-laki yang ada pada wanita yang mengalami PCOS. Hormon itu memicu produksi minyak sehingga kulit kita akan menjadi lebih berminyak dan menyebabkan kita menjadi muncul jerawat. Biasanya wanita yang mengalami PCOS muncul jerawat di wajah, dada, punggung bagian atas juga.

Apa itu POLYCYSTIC OVARY SYNDROME (PCOS)?

Polycystic ovary syndrome atau PCOS adalah kelainan hormon pada wanita, yang menyebabkan penderitanya memiliki banyak kista kecil pada indung telur. Kista tersebut terisi cairan dan mengandung sel telur yang belum dewasa. Jika Anda memiliki kondisi ini, indung telur Anda akan membesar. PCOS dapat menyebabkan masalah pada siklus menstruasi, kesuburan, fungsi jantung, dan penampilan. Anda dapat mengalami menstruasi berat, dan rambut berlebihan pada wajah atau tubuh. Gangguan ini menyebabkan tubuh menghasilkan hormon pria, bukannya wanita

Kondisi ini umum terjadi dan menyerang antara 1 dari 10, dan 1 dari 20 wanita berusia subur. PCOS dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko.

Gejala-gejala umum dari PCOS adalah:

• Jerawat
  • Bertambahnya berat badan dan kesulitan menurunkan berat badan
  • Rambut yang berlebih pada wajah dan tubuh, bahkan sering kali wanita memiliki rambut wajah yang lebih tebal dan gelap, serta lebih banyak rambut pada dada, perut, dan punggung
  • Suara yang lebih berat
  • Rambut pada kulit kepala menipis
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Kemandulan
  • Depresi

Ketidak seimbangan hormon pada PCOS dapat menyebabkan gangguan medis lainnya, seperti diabetes tipe 2 dan gangguan kardiovaskular. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Penyebab tidak diketahui dengan jelas. Namun, beberapa mempercayai bahwa gen berperan pada PCOS, karena banyak wanita dengan ibu atau saudara yang memiliki kondisi ini juga mengalami PCOS.

Peradangan tingkat rendah juga dapat terkait dengan stimulasi polikistik indung telur dalam memproduksi androgen. Kelebihan insulin juga dapat meningkatkan produksi androgen, yang dapat mengganggu kemampuan indung telur untuk berovulasi.

Faktor-faktor risiko

• Anda lebih berisiko jika seseorang di keluarga memiliki kondisi ini.
  • Anda memiliki kondisi medis lainnya yang mempengaruhi keseimbangan hormon pada tubuh.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana polycystic ovary syndrome (pcos) didiagnosis?

Tidak ada tes untuk memprediksi polycystic ovary syndrome. Biasanya kasus didiagnosis saat wanita datang ke dokter untuk membahas masalah mereka. Dokter akan menanyakan tentang gejala yang dialami serta sejarah keluarga, atau jika Anda melakukan perawatan lainnya.

Untuk mengonfirmasi diagnosis, dokter akan meminta beberapa tes:

• Tes darah: untuk mengukur kadar hormon.
  • Tes tiroid: untuk memeriksa tiroid yang overaktif atau kurang aktif.
  • Tes glukosa: untuk melihat pertahanan insulin.
  • Tes kadar lipid: PCOS dapat membuat kadar kolestrol dan triglycerides abnormal.
  • Tes pencitraan (CT scan, ultrasonik) dapat diperlukan untuk memeriksa ukuran indung telur. Jika dokter menduga adanya pertumbuhan, laparoskopi pelvis dapat menunjukkan kompleksitas pertumbuhan. Biopsi dapat dilakukan untuk melihat adanya sel kanker.

Apa saja pengobatan untuk polycystic ovary syndrome (pcos)?

Perawatan bertujuan untuk mengendalikan gejala dan mencegah pertumbuhan di indung telur lebih lanjut. Tergantung pada gejala, perawatan dapat bervariasi.

Untuk mengatur menstruasi, Anda akan memerlukan pil KB – pil yang mengandung estrogen dan progestin. Jika Anda sedang mengusahakan kehamilan, Anda memerlukan bantuan terhadap penggunaan obat.

Untuk beberapa wanita, operasi dapat direkomendasikan untuk mendukung pembuahan dan mengurangi kadar hormon pria. Operasi disebut ovarian drilling, di mana dokter akan menusuk indung telur dengan lubang-lubang kecil. Namun, hal ini hanyalah solusi sementara.

Untuk mengatasi jerawat dan pertumbuhan rambut, Anda akan diberikan anti-androgen untuk mengatur kadar hormon pria.

Untuk menyeimbangkan kadar insulin dan gula, obat-obatan diabetes dapat diberikan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polycystic ovary syndrome (pcos)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi PCOS:

• Jaga berat badan yang sehat dengan makan makanan rendah karbohidrat olahan
  • Olahraga juga dapat membantu tubuh mengatur insulin
  • Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti.