Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan

 

 

Manfaat Vitamin E dalam tubuh sudah terbukti sangat vital untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan mata. Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E adalah nama generik untuk “tokoferol” dan tersedia dalam empat bentuk yang berbeda. Ini adalah antioksidan larut lemak, yang dapat diperoleh hanya sebagai suplemen makanan.

Berikut adalah manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Perlindungan terhadap racun seperti polusi udara
  2. Sindrom pramenstruasi
  3. Gangguan mata seperti katarak
  4. Penyakit saraf seperti penyakit Alzheimer
  5. Mengencerkan Darah

Vitamin E mengencerkan darah yang dapat mencegah terjadinya stroke atau darah beku. Dengan kata lain, mencegah penggumpalan darah.  Manfaat vitamin E dalam mengencerkan darah dapat membantu dalam hal mencegah pengerasan pembuluh darah, serangan jantung, nyeri dada, sakit kaki karena penyumbatan pembuluh darah, dan tekanan darah tinggi.

  1. Mengobati Diabetes dan Komplikasinya

Vitamin E juga dipercaya sebagai obat untuk diabetes serta berbagai komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

  1. Mencegah Kanker

Vitamin E juga digunakan untuk mencegah terjadinya kanker, terutama kanker paru-paru, kanker mulut pada perokok, dan kanker kolorektal dan polip, lambung, prostat, dan kanker pankreas. vitamin E melindungi sel dan DNA dari kerusakan yang dapat berubah menjadi kanker. Vitamin ini mengurangi pertumbuhan tumor sekaligus meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah zat prakanker yang berubah menjadi karsinogen. Studi dengan subjek tikus menunjukkan bahwa vitamin E dioleskan pada kulit dapat membantu mencegah kanker kulit akibat dari paparan radiasi ultraviolet.

  1. Penyakit Syaraf dan Otak

Manfaat vitamin E juga diyakini dapat mencegah dan mengobati penyakit otak dan sistem saraf termasuk penyakit Alzheimer, demensia, penyakit Parkinson, kram malam, dan untuk epilepsi, bersama dengan bantuan obat lain. Vitamin E juga digunakan untuk chorea Huntington, dan gangguan lain yang melibatkan saraf dan otot.

  1. Melawan Efek Negatif Penggunaan Obat Obatan

Vitamin E digunakan untuk mengurangi efek berbahaya dari pengobatan medis seperti dialisis dan radiasi. Hal ini juga digunakan untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan dari obat-obatan seperti rambut rontok pada orang yang memakai doxorubicin dan kerusakan paru-paru pada orang yang memakai amiodarone.

  1. Masalah Kewanitaan

Vitamin E juga bermanfaat secara spesifik untuk wanita, berikut adalah daftar manfaatnya yang dapat diperoleh dari vitamin ini.

  1. Mencegah komplikasi pada kehamilan karena tekanan darah tinggi (pre-eklampsia)
  2. Sindrom pramenstruasi (PMS)
  3. Sindrom menopause
  4. Hot flashes terkait dengan kanker payudara
  5. Kista payudara.
  6. Kekuatan Fisik

Vitamin E kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan ketahanan fisik, meningkatkan energi, mengurangi kerusakan otot setelah latihan, dan meningkatkan kekuatan otot yang dalam arti lain dapat menambah kekuatan.

  1. Pencegahan dan Penyembuhan Penyakit

Selain beberapa hal di atas, vitamin ini juga dimanfaatkan untuk berbagai keluhan penyakit.

  1. Katarak
  2. Asma
  3. Infeksi pernafasan
  4. Gangguan kulit
  5. Penuaan kulit
  6. Sunburns
  7. Cystic fibrosis
  8. Infertilitas
  9. Impotensi
  10. Sindrom kelelahan kronis (CFS)
  11. Tukak lambung
  12. Penyakit keturunan
  13. Mencegah alergi.