Kulit Yang Sensitif Jangan Asal Pakai Skin Care

Kulit sensitif sangat mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, seperti  sinar matahari, udara,  maupun produk kecantikan. kulit yang sensitif  tipis dengan kapiler dibawah lapisan kulit. Kulit sensitif memiliki pro-pori yang sangat baik. ketika terkena perubahan suhu, kulit sensitif akan dengan mudah menjadi merah.Untuk mencegahnya, dianjurkan  pemilik kulit sensitif perlu merawat kulit dengan ekstra hati-hati.

Pemilik kulit sensitif pasti memahami betul, menemukan produk perawatan kulit ( skin care) yang tepat adalah suatu hal yang tidak mudah. Adapun kulit sensitif, merupakan kondisi di mana kulit cenderung gampang merah. Hal itu biasa terdeteksi jika ketika kulit diberi krim atau bahkan tanpa diberi krim pun kulit wajah tetap memerah. Selaim memerah, kulit biasanya juga kerap terasa gatal, terbakar, kering, dan mudah iritasi. Jika kamu memiliki tipe kulit seperti ini, berhati-hatilah untuk tidak memilih sembarang produk. Sebab, salah memilih produk justru bisa membuat kondisi kulitmu makin parah.

Karena perawatan terhadap kulit sensitif cukup sulit, maka sebaiknya batasi penggunaan produk perawatan kulit. Umumnya, perawatan kulit yang sederhana lebih efektif dengan mengindari penggunaan produk kecantikan yang berlebihan. Berikut beberapa cara merawat kulit wajah yang sensitif.

Kalo kamu pernah mengalami ciri – ciri seperti dibawah ini dengan sebuah produk berarti kemungkinan kulit kamu termasuk kulit yang sensitif. Apa aja ciri – cirinya ?

1. MUDAH MENGALAMI KEMERAHAN
Setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan mengeringkannya dengan handuk, perhatikan deh, kondisi wajahmu. Kalau wajahmu tampak memerah selama beberapa saat, tandanya kulitmu sensitif.
2. KULIT SERING MENGELUPAS Pengelupasan yang berlebihan bisa disebabkan oleh terlalu sering melakukan exfoliation (scrub pengelupasan kulit mati). Selain itu, kulit mengelupas bisa disebabkan oleh kekeringan kulit yang sangat parah.

3. MUDAH MERASAKAN GATAL
Setelah mengalami kemerahan biasanya disertai kulit gatal merupakan gejala kulit kering yang parah. Kembalikan kelembapan kulit dengan menggunakan produk perawatan yang lebih lembut dan menghidrasi untuk mengisi kelembapan alami kulit.

4. ALERGI PADA PRODUK
Jika disertai alergi yang tidak wajar sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan apakah ini benar-benar tanda reaksi alergi. Hal ini untuk mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk menyembuhkan kulit.

5. BEKAS JERAWAT SULIT DIHILANGKAN
Untuk kulit yang sensitif, biasanya noda-noda yang ada pada kulit seperti bekas luka, flek hitam, atau bekas jerawat akan sulit dihilangkan.

6. KULIT TIDAK MENYERAP WEWANGIAN DENGAN BAIK
Produk dengan wewangian tidak bereaksi dengan baik pada kulit yang sensitif. Wewangian yang terlalu kuat bisa membuat kulit iritasi.

E3A Klinik menyarankan pakai skincare dengan kandungan antioksidan di siang hari. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas dari sinar matahari. Carilah produk yang mengandung vitamin E, ferulic acid, red tea, retinol, vitamin, dan bahan penangkal sinar UV lainnya. Saat memilih produk skincare, sebaiknya baca dulu komposisi bahan di label kemasannya. Pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang bereaksi terhadap sinar matahari. Dan yang tidak kalah penting: jangan lewatkan pemakaian sunscreen.

Selalu Konsultasi dengan Dokter terlebih dahulu dan gunakan skincare atas rekomendasi  Dokter untuk meminimalisir efek pada kulit sensitif.

Dan jika kamu memiliki masalah kulit seperti ini, kamu bisa konsultasikan di @E3Aclinic, kami selalu ada solusi untuk kamu disetiap permasalahan kulitmu.