KARBOHIDRAT YANG DIBUTUHKAN DIBULAN PUASA

Bulan puasa sudah hampir tiba, Di bulan puasa, tubuh hanya mendapat asupan makanan saat sahur dan berbuka. Maka dari itu, kita perlu memenuhi asupan nutrisi agar tetap bugar selama berpuasa. Saat berpuasa tubuh dalam kondisi menahan lapar dan haus selama 13 jam, bahkan lebih. Kondisi tersebut menyebabkan tubuh menjadi lemas dan tidak fit. Makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak haruslah dikonsumsi saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap dapat berfungsi dengan baik. Namun, kita juga harus pintar memilih jenis asupannya. karbohidrat berperan penting sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Terdapat dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana (gula sederhana) dan karbohidrat kompleks (gula kompleks). Perbedaan di antara dua jenis karbohidrat ini terletak pada struktur kimia dan seberapa cepat gula di dalamnya dapat diserap dan dicerna oleh tubuh.

Karbohidrat Sederhana (gula sederhana)

Gula sederhana biasanya juga disebut dengan karbohidrat. Karbohidrat sederhana memiliki struktur kimia yang terdiri dari satu atau dua molekul gula. Jenis karbohidrat yang terdiri dari satu molekul gula disebut monosakarida, contohnya fruktosa (ditemukan dalam buah-buahan), galaktosa (ditemukan di produk susu), dan glukosa. Sementara, jenis karbohidrat yang terdiri dari dua molekul gula disebut disakarida, contohnya sukrosa (dari gula meja), laktosa (dari susu), dan maltosa (ditemukan dalam bir dan beberapa sayuran). Karbohidrat sederhana juga dapat ditemukan di roti putih, permen, soda, hingga sirup. karbohidrat sederhana lebih cepat dicerna oleh tubuh, sehingga cepat mengenyangkan.

Karena gula ini bentuknya sederhana dan ketika gula sederhana masuk ke dalam aliran darah, gula ini akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dengan cepat. Arus gula darah yang tinggi di dalam tubuh perlu diseimbangi dengan produksi hormon insulin di dalam tubuh. Ketika arus gulanya besar, maka tubuh membutuhkan hormon insulin dalam jumlah besar yang juga untuk menyeimbangkan kondisi gula dalam darah.

Orang yang sehat memiliki kemampuan metabolisme gula di dalam tubuh bisa teratasi dengan baik. Meskipun begitu, jika terlalu sering mengonsumsi gula tetap bisa meningkatkan risiko untuk mengalami resistensi insulin.

Jika dibandingkan dengan karbohidrat kompleks pun, karbohidrat sederhana memiliki kandungan gizi yang lebih sedikit. Jika ingin mengonsumsi karbohidrat sederhana, sebaiknya dilakukan setelah berbuka, namun dengan tetap memperhatikan porsi.

Karbohidrat Kompleks (gula kompleks)

Karbohidrat kompleks (polisakarida) adalahjenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula yang panjang dan kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki struktur kimia yang terdiri dari tiga atau lebih molekul gula, yang biasanya terhubung dan membentuk rantai. Serat dan pati merupakan dua jenis karbohidrat kompleks. Contoh karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat dapat ditemukan di buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sementara, contoh dari karbohidrat kompleks yang berasal dari pati, yakni sereal, oats, nasi, jagung, hingga roti gandum. dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak serat sehingga diserap dan dicerna lebih lama oleh tubuh. Karena itu, karbohidrat jenis ini banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Beberapa ahli pun menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks di bulan puasa, terutama saat sahur karena dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Contoh karbohidrat kompleks yang sebaiknya dikonsumsi di bulan puasa, terutama saat sahur yakni sayuran tinggi serat (seperti brokoli), buah-buahan (seperti apel, alpukat), oats, nasi merah, roti gandum, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat adalah makanan pokok bagi manusia karena karbohidrat mengandung gula atau glukosa yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh untuk beraktivitas. Namun karbohidrat yang baik dikonsumsi bukanlah karbohidrat sederhana melainkan karbohidrat kompleks. Karena akan diserap lebih lama oleh tubuh, jadi kenyang lebih lama.