IPL HAIR REMOVAL TREATMENT

Apakah IPL Hair Removal?

IPL hair removal adalah metode penghilangan rambut halus pada tubuh dengan menggunakan sinar. Dengan perawatan ini, rambut halus pada tubuh akan tumbuh semakin tipis hingga akhirnya bersih secara permanen.

Cara Kerjanya

Teknik ini mampu menghancurkan folikel rambut, yaitu asal dimana rambut tumbuh. Penetrasi dari cahaya lampu yang dikontrol dengan akurat ke atas permukaan kulit menciptakan panas yang kemudian meresap langsung ke folikel rambut, menghancurkan dan membuatnya tidak lagi mampu memproduksi rambut baru.

Teknik pengerjaannya

Pada awalnya, area kulit yang bulunya ingin dihilangkan akan diolesi dengan gel khusus. Gel ini berfungsi sebagai perantara panas antara alat IPL dengan kulit. Saat disinari, kulit akan terasa hangat dan sesekali sakit seperti dicubit-cubit kecil. Namun, rasa sakitnya tidak sesakit apabila melakukan waxing. Pastikan mengikuti petunjuk dari operator selama proses, misalnya menggunakan kacamata khusus untuk menghindari mata dari paparan sinar IPL. Teknik ini dapat menjadi cara menghilangkan bulu pada area ketiak, tangan, kaki, dan bikini line. Berbeda tempat, berbeda pula proses pengerjaannya. Misalnya, ada yang mengawali prosesnya dengan pencukuran, terutama jika bulu dirasa terlalu panjang

Area yang dapat dilakukan IPL hair removal Treatment

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

                                          Sebelum

Sesudah

Yang dilakukan 1.     Bercukur

malam sebelum perawatan, persiapkan diri dengan melakukan shaving sendiri di rumah.

2.     Selalu gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 pada area tubuh sebelum treatment

3.     Gunakan pelembab

Pelembab yang direkomendasikan berbahan ceramides karena dapat mengunci kelembaban kulit.sehingga kulit tidak kering dan iritasi.

  1. Jika terjadi kemerahan dikulit, kompres area tersebut dengan handuk dingin secara periodik
  2. Penggunaan sabun (non-scrub) dan mandi air dingin diperbolehkan
  3. Selalu gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 pada area tubuh setelah treatment.
  4. Sebaiknya setelah IPL rutin menggunakan pelembab. Pelembab yang direkomendasikan berbahan ceramides karena dapat mengunci kelembaban kulit.sehingga kulit tidak kering dan iritasi.

 

Tidak boleh dilakukan 1.       Mencabut Bulu

Tidak diperbolehkan untuk mencabut bulu terutama pada area kulit yang hendak ditreatment minimal 2 minggu sebelumnya. Hal ini termasuk waxing, mencabut, atau memakai krim perontok bulu.

2.    Tanning

Jangan melakukan tanning atau prosedur penggelapan kulit, termasuk berjemur dengan sinar matahari alami minimal 2 minggu sebelum jadwal IPL hair removal. Sebaiknya mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menghindari terkena paparan sinar matahari.

3.      Memakai kosmetik

Area kulit yang hendak dihilangkan bulu-bulunya dibebaskan dari segala jenis kosmetik seperti deodorant, parfum, atau lotion. Hindari pula penggunaan krim yang mengandung benzoil peroxide dan Retin-A

4.    Bleaching

Sebaiknya tidak melakukan bleaching atau pemutihan kulit sebelum melakukan prosedur penyinaran IPL hair removal untuk menghilangkan bulu-bulu.

5.    Menghindari aspirin, suplemen herbal dan obat anti peradangan sebelum memulai proses perawatan untuk mengurangi resiko pendarahan jika terjadi komplikasi selama proses berlangsung.

 

  1. Jangan mencabut rambut yang sedang dalam proses rontok.
  2. Hindari paparan sinar matahari selama 2 minggu setelah IPL. Jika paparan matahari tidak dapat dihindari, selalu gunakan sunblock minimum SPF 30 (UVA/UVB)
  3. Hindari mandi air panas, berenang atau berolahraga, menggunakan deodorant dan scrubing selama 48 jam setelah treatment.