Ini 7 Penyebab Bibir Kering Yang Harus Kamu Hindari

Ini 7 Penyebab Bibir Kering Yang Harus Kamu Hindari

Bibir kering menjadi salah satu hal yang sering dialami oleh banyak orang, terutama perempuan. Tidak hanya menggangu penampilan, bibir kering juga membuat lipstik jadi tidak menempel dengan sempurna. Lalu, kira-kira apa yah yang menyebabkan bibir menjadi kering?

1. Tidak cukup minum air putih

Bibir kering bisa menjadi salah satu tanda jika tubuhmu sedang dalam keadaan dehidrasi. Untuk itu, penting untuk selalu mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan meminum air paling tidak delapan gelas per hari.

2. Sering menjilat bibir

Jika kamu memiliki kebiasaan menjilat bibir, hentikan kebiasaan ini mulai sekarang yuk. Menjilati bibir secara tidak langsung akan menghilangkan kelembapan alami, sehingga bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

3.Formula lipstik yang tidak cocok

Sering menggunakan lip cream dan bibirmu langsung terasa kaku dan kering? Ini bisa jadi karena ada kandungan di dalam lipstik yang tidak cocok dengan bibirmu. Untuk mencegahnya, ada baiknya selalu gunakan lip balm sebelum mengaplikasikan pewarna bibir.

4. Tidak menggunakan lip balm

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, bibir juga memerlukan tambahan pelembab dari luar. Agar bibirmu selalu dalam keadaan lembab, pastikan kmau selalu menggunakan lip balm sebelum tidur dan sebelum mengaplikasikan lipstik. Kalau bisa, pilihlah produk yang mengandung SPF agar bibir juga terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari.

5.Terlalu banyak mengonsumsi garam

Garam dapat mengikat cairan yang ada dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga bibir pun menjadi kering. Maka dari itu, ada baiknya kamu membatasi makanan bergaram tinggi seperti junkfood dan makanan instan lainnya dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur

6.Sedang dalam keadaan kurang sehat

Tubuh yang sedang keadaan kurang sehat, misalnya sedang demam, juga menjadi salah satu penyebab bibir kering

7.Berada terlalu lama dalam ruangan ber-AC

Udara yang dingin atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, selalu siapkan pelembab bibir di tas

Artikel diatas adalah beberapa penyebab bibir menjadi kering. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan asupan air putih anda cukup dan jangan lupa untuk selalu menggunakan lip balm ya!