Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah yang bersih, mulus, dan tidak berminyak adalah dambaan setiap orang terutama bagi para kaum hawa. Wajah berminyak merupakan salah satu faktor utama timbulnya jerawat dan komedo, karena pada kulit wajah yang berminyak adalah tempat bersarangnya debu, kuman, dan juga bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jika sudah timbulnya jerawat tingkat kepercayaan diripun akan menurun.

Wajah yang bersih, mulus, dan tidak berminyak adalah dambaan setiap orang terutama bagi para wanita. Wajah berminyak merupakan salah satu faktor utama timbulnya jerawat dan komedo, karena pada kulit wajah yang berminyak adalah tempat bersarangnya bedu, kuman, dan juga bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jika sudah timbulnya jerawat tingkat kepercayaan diripun akan menurun.

Penyebab wajah berminyak

Berikut penyebab – penyebab dari kulit berminyak, adalah :

  • Faktor keturunan (Genetik)

Kulit berminyak dapat disebabkan karena kalian memiliki orang tua yang wajahnya juga memiliki kadar minyak berlebih.

  • Kelenjar minyak yang sangat aktif

Kulit jenis ini biasanya akan memproduksi minyak yang lebih banyak dibanding dengan jenis yang kulit lainnya.

  • Makanan berlemak

Dari berbagai kemungkinan, makanan berlemak atau berminyak jika kalian sering mengkonsumsinya dan dalam jumlah berlebih juga dapat membuat kulit wajah kalian berminyak juga.

  • Kosmetik

Bagi sebagian kaum hawa jika salah memlih jenis kosmetik dapat menjadi faktor kulit menjadi berminyak. Jika tidak cermat dan tidak teliti dalam memilih kosmetik bukan hanya kulit kalian yang akan berminyak, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kalian, bahkan bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit.

  • Pola hidup tidak sehat

Terlalu sering begadang atau kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan wajah kalian memproduksi minyak yang berlebih. Dengan menjalankan pola hidup sehat  minyak pada wajah dapat berkurang dengan alami.

  • Hormon tidak seimbang

Banyak wanita yang memiliki hormon yang tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang mengalami masa pubertaas atau sedang dalam masa kehamilan. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak.

  • Sering stres

Jika kalian sering mengalami stres,hormon kortisol dalam tubuh anda akan mengalami peningkatan yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak dalam tubuh. Ini juga dapat menyebabkan wajah kalian lebih berminyak dari biasanya. Maka dari itu ada baiknya kalian menghindari stres.

  • Peningkatan suhu

Seperti saat terjadinya musim kemarau, saat musim kemarau udara menjadi lebih panas ini juga menyebabkan produksi minyak dalam tubuh juga ikut meningkat.

  • Terlalu sering melakukan perawatan wajah

Terlalu sering menggunakan produk perawatan kulit bisa juga membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Cara mengatasi kulit berminyak pada kulit wajah

Cara mengatasi kulit berminyak sebenarnya memiliki banyak cara, diantaranya adalah :

  • Mencuci muka

Mencuci muka adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Jika memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak hanya perlu mencuci wajah menggunakan sabun khusus wajah sebanyak dua kali dalam satu hari. Kenapa hanya dua kali ? karena jika kalian terlalu sering mencuci muka kulit wajah kalian akan menjadi kering.

  • Air mineral

Banyak meminum air mineral atau dua liter dalam satu hari sudah dapat membuat kulit terutama kulit wajah anda menjadi lebih sedikit mengeluarkan minyak, selain itu dapat menjaga metabolisme di dalam tubuh kalian.

  • Air hangat

Anda dapat membasuh wajah dengan air hangat, atau dengan cara mecelupkan handung kecil kedalam air hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam lalu lap muka secara perlahan dengan menggunakan handuk yang telah direndam air hangat tersebut.

  • Kertas minyak

Kertas minyak sendiri dapat mengangkat minyak di wajah tanpa membuat wajah kalian menjadi kering. Caranya kalian hanya perlu mengusapkan kertas minya kewajah.

  • Bedak tabur

Jika memiliki kulit yang cenderung berminyak tetapi tetap ingin menggunakan bedak jika sedang bepergian sebaiknya kalian menggunakan bedak taubur atau loose powder dari pada menggunakan compact powder atau bedak padat. Karena banyak yang beranggapan jika penggunaan bedak tabur lebih dapat menyerap minyak di wajah, dan tidak akan membuat riasan yang ada diwajah anda tidak terlihat luntur akibat minyak yang timbul.