BEBERAPA PENYEBAB FLEK DI WAJAH

Memiliki wajah cantik dan berseri merupakan idaman bagi setiap orang, namum dengan adanya flek hitam diwajah membuat impian tersebut tidak menjadi nyata. Beberapa orang orang bertanya-tanya mengapa ada noda hitam diwajahnya, terutama pada wanita yang menginginkan wajah cantik.

Selain jerawat, flek hitam juga merupakan salah satu musuh terbesar kulit wajah untuk kaum wanita. Dulu orang berpikir bahwa flek hitam hanya muncul pada saat usia 35 tahun keatas, padahal TIDAK. Apalagi dimasa sekarang ini, anak muda berusia 20 tahun saja sudah sudah terkena flek hotam. Kali ini kita akan membahas tentang penyebab flek hitam diwajah. Flek hitam biasa muncul di daerah T karena disaerah itulah biasa produksi minyak berlebih.

Berikut beberapa penyebab flek hitam diwajah :

  1. Cahaya ultraviolet

Penyebab utama terjadinya flek hitam yaitu sinar matahari (cahaya ultraviolet). Bagi wanita yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan sebaiknya menggunakan sunblock untuk melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. “Sinar ultraviolet merusak gugus sulfihidril di epidermis sehingga tidak bisa berikatan dengan ion Cu dari enzim tirosinase. Akibatnya tidak ada yang menghambat proses pigemntasi sehingga membentuk pigmen-pigmen yang akan terjadinya flek hitam

  1. Hormon

Hormon bisa menjadi penyebab flek hitam diwajah. Seperti hormon estrogen, progestero, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada trimester ketiga ibu hamil, namun penggunaan pil  kontrasepsi juga dapat memicu hormon yang menyebabkan terjadinya flek hitam.

  1. Obat

Penyebab lainnya adalah obat-obatan yang kita konsumsi. Kurangi obat-obatan yang mengandung difenilhidantoin, mesantoin, klorpronazime, sitostatik dan minoskilin karena akan menimbulkan flek hitam diwajah.

  1. Alat Make Up Dan Kosmetik

Wanita memang tidak terlepas dari make up, namun penggunaan alat make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru akan membuat wajah kering, munacul flek hitam dan kulit terlihat lebih tua. Kosmetik dengan zat pewarna dan bahan-bahan tertentu juga membuat hiperpegmentasi pada kulit wajah saat anda kontak langsung dengan matahari.

  1. Genetik Dan Ras

Selain itu, pigmentasi juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Biasanya timbul flek karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen. Selain itu faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek, biasanya dijumpai pada golongan Hispanik dan golongan kulit berwarna gelap.

  1. Bekas Jerawat

Bekas jerawat juga menjadi faktor penting terjadinya pegmentasi yang berujung pada flek hitam. Untuk itu jika anda tidak ingin mempunyai flek hitam diwajah, anda juga harus menghindari penyebab tumbuhnya jerawat karena kedua ini barkaitan.

Demikian informasi seputar Beberapa Penyebab Flek Hitam Di Wajah semoga bermanfaat untuk anda.