Bagaimana hubungan antara sarapan pagi dengan gula darah??

Sarapan pagi adalah hal yang penting untuk dilakukan setiap manusia sebelum mereka memulai aktivitasnya. Tetapi banyak orang yang mengabaikan waktu sarapan pagi dan menganggap sarapan sebagai hal yang tidak penting. Selain dapat menurunkan konsentrasi, membuat tubuh lebih lemas, mudah lelah, emosi tidak stabil. Ternyata melewatkan sarapan pagi dapat membuat gula darah menjadi naik, ini terjadi karena kadar glukosa dalam darah dapat meningkat akibat dari jarangnya sarapan pagi. Pada saat perut terasa lapar, maka kadar glukosa dalam darah yang dilepaskan oleh organ hati dan dijadikan sebagai bahan bakar sehingga jika dibiarkan dalam jangka waktu lama produksi gula darah akan meningkat secara signifikan. Oleh karena itu sarapan adalah salah satu cara menurunkan gula darah bisa menjadi salah satu obat alami untuk anda agar terhindar dari penyakit gula.

Bukan hanya faktor makanan manis atau yang banyak mengandung gula tambahan yang bisa menimbulkan gula darah meningkat, pola makan yang tidak teratur juga bisa mempengaruhi. Perlu diketahui kebiasaan meninggalkan sarapan juga bisa memicu kenaikan gula darah dalam tubuh. Meninggalkan sarapan bisa mengganggu produksi insulin dalam tubuh. Orang yang memiliki kebiasaan sarapan tidak teratur memiliki potensi kenaikan gula darah lebih tinggi. Saat mereka mulai mengisi perutnya menjelang makan siang, kadar insulin dalam tubuh juga akan ikut meningkat. Belum lagi jika yang dikonsumsi saat itu kurang memenuhi kebutuhan gizi harian. Mudah saja membuat insulin dan gula darah menjadi meningkat. Orang yang melewatkan sarapan dalam kurun waktu lama memiliki potensi lebih mudah terkena diabetes 21 persen lebih tinggi daripada mereka yang rutin sarapan.

Jika anda ingin kadar glukosa dalam darah tetap seimbang, konsumsilah berbagai macam sayuran untuk membantu mengontrol gula darah, terutama yang non tepung seperti seperti bayam, labu, tomat, dan brokoli. Jika anda terkena penyakit diabetes atau ingin terhindar dari diabetes, isilah setengah porsi makanan anda dengan sayuran, karena anda akan mendapatkan banyak kandungan serat yang terdapat pada sayuran dan membuat anda merasa kenyang dan glukosa darah anda akan tetap seimbang.