7 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C

fungsi vitamin C bagi tubuh manusia

Vitamin C biasanya digunakan untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, vitamin C juga bantu melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit, seperti penyakit kerutan pada kulit, kardiovaskular, kanker, stroke, kesehatan mata.  Selain itu, vitamin C juga digunakan untuk bantu melawan beberapa infeksi seperti penyakit pada gusi.

Vitamin C dapat bantu meningkatkan penyerapan dari zat besi. Tak heran, vitamin C sering direkomendasikan untuk dikonsumsi bersama zat besi agar zat besinya bisa lebih banyak terserap.

yang akan terjadi saat tubuh Anda kekurangan vitamin C

  1. Kulit mudah memar. Memar dihasilkan oleh hancurnya pembuluh darah merah yang sangat kecil atau disebut kapiler di pinggir kulit. Kekurangan vitamin C bisa membuat pembuluh kapiler lemah dan pecah sehingga menimbulkan memar pada kulit.
  2. Luka lama sembuh. Vitamin C penting untuk membentuk kolagen pada kulit. Kolagen berfungsi untuk menutup luka dalam proses penyembuhan luka. Kekurangan vitamin C membuat luka Anda tak juga sembuh setelah berhari-hari.
  3. Gusi berdarah atau sariawan. Masih tentang kolagen, kolagen berfungsi untuk mendukung gusi. Gusi yang rusak berarti kolagen dalam keadaan tidak baik, kemungkinan disebabkan kurangnya vitamin C.
  4. Rambut kering dan rontok.  Zat besi diperlukan untuk menguatkan rambut. Sedangkan vitamin C adalah vitamin yang meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga kekurangan vitamin C membuat zat besi tak efektif diserap tubuh.
  5. Kulit kering dan kasar, kadang berwarna kemerahan. Vitamin C berperan untuk menjaga kesehatan kulit terhadap sinar UV. Bisa jadi, kulit yang kering dan kasar serta kemerahan terjadi karena paparan sinar matahari, dan Anda tak punya cukup vitamin C dalam tubuh untuk melawannya.
  6. Mimisan. Sekitar 90% darah yang keluar karena mimisan berasal dari pembuluh kapiler di hidung. Pembuluh kapiler yang lemah akibat kekurangan vitamin C akan menyebabkan darah keluar dari hidung.
  7. Mudah sakit. Vitamin C dibutuhkan oleh sistem pertahanan tubuh atau sistem imun. Sistem imun yang kuat dapat mencegah berbagai macam penyakit. Jika vitamin C kurang, maka sistem imun akan menjadi lemah dan Anda pun jadi gampang sakit.