6 Penyebab Utama Perut Buncit

Perut memang mudah sekali untuk melar, hal ini dikarenakan perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi dan paling mudah berlemak. Nyatanya, perut buncit tidak selalu dialami oleh orang yang obesitas atau berat badan berlebihan. Orang-orang yang berat badannya proporsional atau kurus pun dapat mengalami yang namanya perut buncit.

Penyebab Perut Buncit

1.Jarang berolahraga

Salah satunya adalah jika anda jarang sekali berolahraga sehingga lemak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi disana sangat minimal. Hal tersebut tentu akan membuat perut semakin buncit. Apalagi jika anda hanya duduk, makan, beraktifitas di depan komputer, laptop, maupun gadget lainnya seharian.

2.Mengonsumsi makanan ringan

Meski kelihatannya remeh, tapi keseringan nyemil juga ikut andil dalam membuat perut menjadi buncit lho. Hindarilah makanan-makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan. Makanan ringan atau snack banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan kimia yang tidak akan dicerna secara baik oleh sistem pemcernaan kita. Hal ini tentu akan menyebabkan usus terganggu.

3.Makan Sebelum Tidur

Apakah anda selalu merasa lapar sebelum tidur atau tidak bisa tidur dalam keadaan lapar? Sebenarnya tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak saat tidur. namun jika anda tidur dalam keadaan perut penuh maka tubuh tidak akan membakar secara efisien. Hal tersebut tentu akan semakin menambah timbunan lemak di perut. Tidak hanya makan sebelum tidur saja, bahkan berbaring ketika perut dalam keadaan kenyang dapat menyebabkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah. Oleh karena itu, jangan jadikan makan sebelum tidur sebuah kebiasaan. Setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hindarilah juga langsung berbaring usai makan. Jika memang dalam keadaan lapar sebelum tidur, konsumsilah buah-buahan yang tentu saja lebih menyehatkan.

4.Kurang Tidur

Idealnya memang orang dewasa harus mendapatkan waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Ketika anda tidur kurang dari jam tersebut, maka tingkat kortisol (hormon strs) akan meningkat dan menyebabkan anda mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur. Dengan tidur cukup dan berkualitas setiap malamnya, anda dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin ( hormon yang dapat membuat anda mengontrol nafsu makan).

5.Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan merupakan salah satu pemicu perut buncit. Minuman beralkohol tidak hanya sekadar untuk mabuk-mabukkan saja, tapi juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya selain perut buncit. Alkohol mengandung gula dan kalori yang sangat banyak atau berlebihan bagi kesehatan tubuh. Kelebihan gula dan kalori sama sekali tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Selain itu dapat juga membuka celah bagi banyak penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Apabila anda sudah terlanjur menjadi pecandu alkohol, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan inisebelum kesehatan anda terganggu.

6.Merokok

Merokok memang dapat membantu mengurangi berat badan, tetapi hal itu juga dapat menyebabkan perut buncit. Sebagian orang beralsan bahwa mereka merokok karena takut gemuk. Nyatanya penelitian mengungkapkan alasan yang sebaliknya. Bukannya malah kurus, perut buncitlah yang didapat. Para ilmuwan dari University of Glasglow menemukan bahwa merokok mungkin berhubungan dapat mengurangi berat badan, namun hal itu sebenarnya malah mendorong lemak menuju daerah inti tubuh yang menyebabkan perut menjadi lebih besar.